Rabu, 14 Maret 2012

Maintenance Printer Canon di Linux (Cleaning, Deep Cleaning, Test Print, Nozzle Check, Roller Cleaning, dll)

Setelah dua hari gak nulis blog, karena sibuk sendiri, akhirnya saya kembali lagi. Untuk postingan kali ini,   sekali lagi, saya mendapat sebuah trik yang mungkin untuk sebagian teknisi linux, hal ini diabaikan. Apakah dia ?? Yak, salah, yang bener adalah me-maintenance printer :D. Instal driver selesai, edit ppd selesai, dan kita pikir masalah printer berakhir. Tapi ya itu tadi, saya mendapatkan pertanyaan dari salah seorang pengguna yang perangkatnya saya migrasikan linux, "Mas, ini kalau infusnya habis, kan perlu di-cleaning,nah, kalau di linux caranya gimana ya Mas?". Tettoott...oh iya ya, piye ki cara ne ??

Akhirnya setelah browsing sana sini, di salah satu forum ubuntu saya menemunkan cara-nya. Kebetulan printer yang ditanyakan adalah Canon. Dan caranya itu adalah dengan mengetik perintah ini di terminal
$ cngpij -P [modelprinter]

Untuk [modelprinter] ini bisa dilihat di System-Administration-Printing. Pada saat kita berhasil install driver printer, di list printernya kan ada muncul icon printing dengan label nama printernya. Nah, label nama itulah yang menjadi [modelprinter]-nya. Contoh : di kasus saya misal printernya berlabel "ip2700-series", maka saya mengetik di terminal :
$ cngpij -P ip2700-series

Jika perintah dijalankan, maka akan muncul tampilan maintenance ui Canon seperti ini :


Tinggal kita pindah ke Tab Maintenance :

Silahkan pilih maintenance yang kita inginkan karena di sini kita bisa melakukan beberapa fitur maintenance printer yang pada umumnya kita temukan di Jendela :D. Misal kita pilih Deep Cleaning, maka akan muncul tampilan baru berikut :


Tinggal kita pilih ingin deep cleaning semua warna atau hitam saja.

Untuk maintenance yang laen, silahkan di praktekkan sendiri. Selamat mencoba :D.

NB : Oh iya, tips aja, ada baiknya kita membuat sebuah launcher, agar setiap ingin me-maintenance printer, kita tidak perlu memanfaatkan terminal.
Share:

4 komentar:

Silahkan jika ada yang perlu ditanyakan :)...

Mengenai Saya

Foto saya
Saya hanyalah penikmat teknologi

Pengunjung