Selasa, 07 September 2010

Mengenal Escape Sequence pada Bahasa Pemrograman Java

Ada beberapa karakter yang tidak dapat diketikkan secara langsung melalui keyboard pada saat kita melakukan pemrograman. Disadari atau tidak, seperti tanda petik tunggal ( ' ), tanda petik ganda ( " ), penggunaan enter pada text field, dan penggunaan tab pada inputan, semua tidak akan bisa dibaca oleh Bahasa Java sebagai sebuah karakter tunggal yang mampu dieksekusi sesuai maksud kegunaannya. Karena itu, Java menyediakan fasilitas escape sequence, yaitu pasangan karakter yang dianggap karakter tunggal. Escape sequence selalu diawali dengan backslash ( \ ).
Sebagai contoh, '\"' digunakan untuk menuliskan karakter petik ganda, '\n' digunakan untuk menuliskan baris baru.
Selain itu, juga ada mekanisme untuk memasukkan nilai-nilai karakter dalam bentuk oktal maupun heksadesimal. Untuk notasi oktal (basis 8), gunakan tanda backslash dengan diikuti tiga digit nomor yang akan digunakan. Misalnya : '\141' adalah nilai oktal dari karakter 'a'.
Adapun untuk notasi heksadesimal (basis 16), gunakan tanda backslash dengan diikuti karakter 'u', kemudian diikuti dengan empat digit nomor heksadesimal yang dimaksud. Misalnya : '\u0061' adalah nilai heksadesimal dari karakter 'a'.
Tapi, walaupun terdiri dari beberapa digit, escape sequence tidak dianggap sebagai string, melainkan tetap dianggap sebagai tipe karakter khusus yang telah menjadi satu kesatuan.
Untuk lebih mudahnya, coba lihat tabel berikut :

Share:

1 komentar:

Silahkan jika ada yang perlu ditanyakan :)...

Mengenai Saya

Foto saya
Saya hanyalah penikmat teknologi

Pengunjung