Sabtu, 04 September 2010

Setting Classpath Untuk Direktori Kerja Bahasa Java di Windows

Setelah sekian lama tidak posting, untuk kali ini, saya akan sedikit sharing tentang bagaimana kita mengeksekusi file java kita dalam direktori tertentu, tanpa menggunakan editor khusus seperti netbeans, textpad, jcreator, atau yang lain.

Jadi maksud saya di sini, sebenarnya kita dapat menggunakan editor umum apa saja seperti notepad, wordpad, atau gedit (pada linux) untuk membuat suatu source code java. Hal yang perlu kita lakukan pertama kali setelah selesai meng-coding yaitu simpanlah source code dengan ekstensi ".java". Sehingga yang biasanya notepad menyertakan ekstensi ".txt" maka ubah ekstensi nya menjadi ".java". Setelah itu, misal file tersimpan dalam folder "D:\Project\Java\javaCode", maka langkah selanjutnya adalah setting Classpath pada folder kerja kita tersebut.

Classpath adalah suatu variabel sistem yang digunakan untuk mengatakan kepada program yang ditulis dalam bahasa Java, tempat lokasi class-class yang akan digunakan. Dengan melakukan setting terhadap nilai variabel Classpath, maka kita dapat melakukan kompilasi maupun eksekusi program yang kita buat dari folder kerja kita.

Cara Setting nya :
  • Buka Command Prompt, pindah drive dari C:\ ke D:\
  • ketikkan "set path = C:\Program Files\Java\jdk1.6.0_21\bin;%path%" (atau sesuaikan dengan folder bin yang terdapat dalam JDK mu ), kemudian enter
  • ketikkan "set classpath=.;D:\Project\Java\javaCode", kemudian tekan enter
Cara kompilasi dan eksekusi :
  • Buka direktori kerja kita, misal D:\> cd Project\Java\javaCode
  • untuk kompilasi, ketik "javac namafile.java". Jika terjadi kesalahan, maka akan langsung menampilkan pesan error pada console. Jika sukses, maka tidak akan ada pesan apa-apa
  • untuk eksekusi, ketik "java namafile".
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan jika ada yang perlu ditanyakan :)...

Mengenai Saya

Foto saya
Saya hanyalah penikmat teknologi

Pengunjung