Rabu, 04 April 2012

Membuka File Ber-ekstensi .SHS (Shell Scrap Object File) di Ubuntu

Ada kalanya sebuah file dokumen yang sebelumnya dibuat menggunakan Mikocok mengalami crash atau gagal. Salah satunya yaitu terbentuk sebuah file .shs (Shell Scrap Object File) dimana file ini mengindikasikan jika terjadi kerusakan asosiasi dalam sistem Jendela terutama jika kita menjadikannya dalam file DOC atau XLS. Kejadian ini bisa terjadi diakibatkan beberapa kemungkinan : gagal ketik, salah copy image, crash dalam saving, atau terkena virus.

Dan buruknya, file .shs membuat Libreoffice di Ubuntu tidak dapat membukanya, baik jika kita rename atau membuka paksa di Writer maupun Calc.

Salah satu solusi pemecahan kasus ini, yaitu dengan meng-convert-nya ke dalam file .rtf yang mampu dibuka ke dalam Writer dengan memanfaatkan aplikasi scrap2rtf. Aplikasi ini terpisah dengan repository dan dapat di-download di sini .

Cara install-nya yaitu kita tinggal menggunakan perintah ini di terminal (asumsi letak file .deb di home)
$ sudo dpkg -i ~/scrap2rtf_0.1_i386.deb
Dan untuk menggunakannya kita terlebih dahulu harus masuk ke dalam folder yang sama dimana file .shs berada. Kemudian kita baru bisa memanfaatkan aplikasi scrap2rtf-nya dengan mengetik ini di terminal (asumsi letak file .deb di home)
$ cd ~
$ scrap2rtf -v namafile.shs
Dari perintah di atas, akan terbentuklah file .rtf yang nantinya akan bisa kita buka dengan Writer. Tapi mengingat file .shs adalah file crash-nya Jendela, ada kemungkinan ada beberapa layout atau hasil konversi yang tidak sesuai (terutama gambar). Selamat mencoba :D
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan jika ada yang perlu ditanyakan :)...

Mengenai Saya

Foto saya
Saya hanyalah penikmat teknologi

Pengunjung