Selasa, 03 April 2012

Menghitung Range Tahun Bulan Hari beserta Umur di LibreOffice Calc

Baru-baru ini ada kasus baru yang saya temui saat memigraskan linux. Ada salah satu user yang menanyakan cara bagaimana menghitung umur dari tanggal lahir sampai waktu pe-record-an data di Calc. Okelah kalau di Mikocok Excel, kita sudah mengenal DATEDIF untuk menselisihkan tanggal-tanggal tadi, sehingga diketahui berapa tahun, bulan atau hari jaraknya. Terus kalau di Calc bagaimana? 

Ternyata di Calc, kita tidak akan mengenal DATEDIF, tapi yang akan kita kenal adalah YEARS, MONTHS, dan DAYS.

Perhatikan tabel berikut :


Oke, langsung saja saya kasih formula perhitungannya. Misal B1, B2 dan B8 adalah value cell dengan format date.

1. Menghitung Jumlah Tahun (B3)
=YEARS(B1,B2,0)
2. Menghitung Jumlah Bulan (B4)
=MONTHS(B1,B2,0)
3. Menghitung Jumlah Hari (B5)
=DAYS(B2,B1)
4. Menghitung Jumlah Hari dengan mengabaikan Bulan dan Tahun (B6)
=IF(DAY(B1)>DAY(B2),DAYS(B2,DATE(YEAR(B2),MONTH(B2)-1,DAY(B1))),DAYS(B2,DATE(YEAR(B2),MONTH(B2),DAY(B1))))
5. Menghitung Jumlah Bulan dengan mengabaikan Hari dan Tahun (B7)
=MONTHS(B1,B2,0)-(YEARS(B1,B2,0)*12)
6. Menghitung Umur (B9)
=YEARS(B8,NOW(),0) & " tahun " & MONTHS(B1,B2,0)-(YEARS(B1,B2,0)*12) & " bulan "
Tidak terlalu sulit bukan ?? Kawan tinggal menyesuaikan alamat cell seperti halnya di atas. Selamat mencoba :D
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan jika ada yang perlu ditanyakan :)...

Mengenai Saya

Foto saya
Saya hanyalah penikmat teknologi

Pengunjung