Senin, 02 Mei 2011

Login Pakai Webcam di Ubuntu

Tadi saya baru posting make yang device fingerprint. Setelah bisa, saya kepikiran lagi "kira2 mungkin gak ya kalau login-nya pakai webcam??". Hmm, biar tambah securitas-nya :D . Okelah, setelah googling sana sini, akhirnya saya menemukan caranya juga :
1. Tambahkan PPA berikut :
$ sudo apt-add-repository ppa:antonio.chiurazzi/ppa
2. Kemudian lakukan update pada repository nya
$ sudo apt update
3. Nah, aplikasi yang kita butuhkan adalah Pam Face Authentication. Perintah instalasinya :
$ sudo apt install pam-face-authentication
4. Buka file gdm di /etc/pam.d dengan menggunakan editor. Contohnya : gedit
$ sudo gedit /etc/pam.d/gdm
5. Pada baris paling atas, tambahkan perintah berikut :
auth sufficient pam_face_authentication.so enableX
6. Masih di folder yang sama, buka juga file su nya dengan editor
$ sudo gedit /etc/pam.d/su
7. Tambahkan pada baris paling atas dengan perintah yang sama dengan yang di file gdm
auth sufficient pam_face_authentication.so enableX
8. Buka Qt Face Trainer di Applications-Others


9. Pada aplikasi tersebut, kita diminta untuk meng-capture wajah kita, agar nantinya pada saat login, wajah kita mampu di kenali. Jangan terlalu banyak bergerak, agar aplikasi tersebut dapat men-scan wajah dengan baik dan akurat.

10. Buka User and Group di System-Administration. Ubah passwordnya ke "Asked to Login"


11. Nonaktifkan fungsi Automatic Login di System-Administration-Login Screen

12. Terakhir, silahkan di-restart

Maka, pada saat kita akan login, kita diminta untuk memasang wajah manis kita ke webcam :D. Terimakasih sudah mengikuti tutorial ini....
Share:

1 komentar:

  1. saya mencoba di ubuntu saya yatu versi 10.4 kok ga bisa ya, malah loginnya harus masukin username manual
    biasanya cuma masukin password kaya windows, eh ini malah suruh mausukin user dan pass secara manual

    BalasHapus

Silahkan jika ada yang perlu ditanyakan :)...

Mengenai Saya

Foto saya
Saya hanyalah penikmat teknologi

Pengunjung