Rabu, 04 Mei 2011

Mengeksport dan mengimport database di MySQL Menggunakan Command Prompt

Saya kepikiran lagi, gimana caranya mengeksport dan mengimport database, jika sewaktu-waktu database-database yang saya buat bisa digunakan di komputer lain. Untuk phpmyadmin sih gampang-gampang saja. Tapi jika nanti mungkin saja komputer tersebut hanya disediakan console, lalu bagaimana saya bisa melakukan eksport dan import?? Dari pertanyaan tersebutlah, saya akhirnya menemukan jawabannya di google. Yaitu :

1. Setelah kita mengetahui nama database yang akan kita eksport, buka console-nya. Kemudian ketikkan ini :
$ mysqldump –u root –p namadatabase > alamattujuan
contohnya di sini saya akan meng-eksport database mahasiswa dan akan saya letakkan file eksport-nya ke drive D :
$ mysqldump –u root –p mahasiswa > D:\mahasiswa.sql
Untuk screen-nya:


2. Kemudian database ini akan kita copy-kan ke komputer lain. Pertama di komputer tersebut kita buat dulu database yang namanya sama dengan database yang akan kita pindahkan di komputer asal :
create database namadatabaseyangsama

3. Keluar dari mysql-nya, kemudian ketikkan ini untuk mengimport isi databasenya
$ mysql –u root –p namadatabaseyangsama < alamatfilehasileksport
contoh :
$ mysql –u root –p mahasiswa < D:\mahasiswa.sql 

Jadi, intinya hanya mengubah tanda-nya saja. Jika eksport tandanya “>”, sedangkan untuk import tandanya “<”. Untuk gambarannya, bisa dilihat screen berikut :

Share:

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan jika ada yang perlu ditanyakan :)...

Mengenai Saya

Foto saya
Saya hanyalah penikmat teknologi

Pengunjung