Rabu, 04 Mei 2011

Membuat User dan Mengubah Password di MySQL Menggunakan MySQL Console

Karena tidak ada kesibukan kuliah, saya mencoba mengotak-atik sedikit di MySQL. Kali ini, saya mencoba menjawab rasa penasaran saya sejak dulu, yaitu membuat user melalui console. Setelah googling sana sini dan mencoba mempelajari sebuah tutorial, akhirnya saya mendapatkan caranya juga, yaitu :

1. Buka MySQL console menggunakan user admin, contoh nya : root
$ mysql -u root -p

2. Langsung ketikkan ini pada console
grant all privileges on *.* to 'useryangdiinginkan'@'namahost' identified by 'passwordnya';
contohnya :
grant all privileges on *.* to 'timordotx'@'localhost' identified by ‘marient’;
atau jika kita ingin mengkhususkan hak akses/privilege user-nya, bisa menggunakan perintah ini :
grant select, insert, update, delete, create, drop, file, index, alter, create temporary tables, create view, show view, create routine, alter routine, execute on *.* to 'useryangdiinginkan'@'namahost' identified by 'passwordnya';

3. Untuk mengecek apakah user kita sudah masuk apa belum, silahkan ketikkan ini :
select user from mysql.user;

4. Nah, sekarang kita sudah bisa masuk ke MySQL menggunakan user yang telah kita buat

Secara hasil, bisa dilihat screen berikut :


Lalu, misal password yang telah kita buat, ternyata ingin kita ganti. Bagaimanakah caranya ?
1. Masuk kembali sebagai user root
$ mysql –u root -p

2. Ketikkan perintah ini :
update mysql.user set password = password('mariana') where user = 'timordotx;

3. Lakukan flushing pada database user nya
flush privileges;

Untuk cotoh hasilnya, bisa dilihat screen berikut :

Share:

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan jika ada yang perlu ditanyakan :)...

Mengenai Saya

Foto saya
Saya hanyalah penikmat teknologi

Pengunjung