Senin, 02 Mei 2011

Pakai Fingerprint Scanner di Ubuntu

Fiuh, akhirnya bisa juga posting tentang device satu ini. Yah, memang semenjak memakai ubuntu mulai yang karmic sampai sekarang, saya tidak memperdulikan device satu ini. Walaupun device ini telah tertanam di laptop saya, sejak saya membeli nya :D. Baru-baru ini saya kepikiran "kalau dipiki-pikir, rugi juga kalau enggak di pakai ni device" Sayang beud :P hehehehehe. Okelah. Kebetulan nama device saya ini adalah UPEK TouchStrip Sensor. Salah satu device scanner untuk fingerprint. Setelah seperti biasanya - googling sana googling sini - akhirnya saya menemukan cara nya juga : 1. Cek dulu, apakah device kita sudah di support oleh ubuntu nya :D. Silahkan ketikkan ini diterminal :
$ lsusb
Nah, perhatikan pada kolom ke-6. Apakah ada salah satu nya di daftar berikut ??
045e:00bb        05ba:0007        08ff:2580
045e:00bc        05ba:0008        08ff:5501
045e:00bd        05ba:000a        1162:0300
045e:00ca        061a:0110        138a:0001
0483:2015        08ff:1600        147e:1000
0483:2016        08ff:2500        147e:2016
Kalau di saya, outputnya seperti berikut (disupport kan ?? :D):
Bus 008 Device 002: ID 147e:1000 Upek Biometric Touchchip/Touchstrip Fingerprint Sensor
2. Kalau device nya tersupprot, langkah selanjutnya adalah menambahkan PPA nya
$ sudo add-apt-repository ppa:fingerprint/fprint
3. Update repository-nya
$ sudo apt update
4. Lakukan upgrade untuk membaca perubahan PPA-nya
$ sudo apt upgrade
5. Untuk mencoba apakah device kita bisa digunakan, kita coba dulu versi demo nya :D. Silahkan install dulu dengan perintah berikut :
$ sudo apt install libfprint0 fprint-demo
6. Buka fprint demo nya di Applications-Accessories. Coba apakah enroll nya berfungsi dengan baik atau tidak. Untuk demo ini sebenarnya bisa dilewati, tapi tidak ada salahnya untuk dicoba dulu :D

 

7. Oke. Jika berfungsi dengan baik, silahkan mulai meng-install fprint yang sebenarnya :
$ sudo apt-get install libpam-fprintd

8. Buka About Me di System-Preferences

 

9. Nah di situ, kita telah bisa login dengan salah satu jari kita - Right index finger = jari telunjuk kanan - Left index finger = jari telunjuk kiri - Atau jari-jari yang lain (Other finger) 10. Untuk versi Lucid sampai dengan yang terbaru, tambahkan ini :
$ sudo apt-get install gksu-polkit

Mudah bukan ?? Selamat mencoba :D. Yah, paling enggak, laptop anda sudah aman dari tangan-tangan jahil saat anda sedang tidak berada di di depan laptop Anda :D
Share:

2 komentar:

Silahkan jika ada yang perlu ditanyakan :)...

Mengenai Saya

Foto saya
Saya hanyalah penikmat teknologi

Pengunjung