Jumat, 02 Maret 2012

Install dan Konfigurasi Xampp di Windows (Setting Path MySQL)

Hmmm, siapa bilang install Xampp di Windows itu susah. Siapa bilang kalau mau pakai MySQL di Windows harus menghidupkan Xampp-nya juga. Kalau masih ada yang berpikiran seperti itu, haduuhh...cape' dehh :D.

1. Tidak susah kok cari file installer-nya. Kawan tinggal masuk ke sini. Masuk di bagian download-nya. Di situ ada 3 pilihan file, yaitu installer, zip, 7zip. Pilih saja yang installer, agar sesuai dengan tutorial ini.

2. Setelah di download, klik kiri 2 kali untuk menginstall-nya. Tinggal di next-next-next, tetapi jangan lupa pada saat bagian sebelum tombol install, silahkan centang semua checkbox, seperti apache, mysql, dan filezilla-nya ya. Agar kita dapat memanfaatkan Xampp secara penuh nantinya.

3. Oke, masalah penginstalan sepertinya tidak ada masalah :D. Dan setiap kali kita akan memanfaat service   kita harus menghidupkan dulu Xampp Control Panel-nya.


Oke, ini cukup merepotkan :D. Dalam kasus di sini, kita akan menggunakan service MySQL-nya. Jika kita hanya berhenti di langkah di atas, setiap kali kita akan memanfaat service tersebut, tentunya kita harus mengaktifkan Xampp Control Panel dulu. Apalagi kita juga belum bisa bermain-main MySQL di lingkungan Command Prompt. Istilahnya di sini, kita belum setting path MySQL-nya.


Jika ingin dikonfigurasi untuk setting path-nya, silahkan ikuti cara berikut :
1. Kita cari tahu dulu letak servicenya, yaitu dimana mysql tersimpan. Jika Xampp terinstall secara default, maka kemungkinan letaknya di C:\xampp\mysql\bin


2. Setelah tahu lokasinya, masuk ke System Properties dengan cara klik kanan Computer dan pilih Properties-Advanced system settings.

3. Masuk ke tab Advanced, dan pilih Environment Variabel....


4. Cari di System variables, yaitu variable Path berada.

5. Pilih dan tekan Edit. Masukkan string lokasi "C:\xampp\mysql\bin" di paling kanan Variable value dengan menambah tanda ";" sebelumnya tanpa menghapus string yang lain. 




6. Tekan OK-OK-OK kemudian restart.

7. Dengan cara ini, jika kita ingin memanfaat service MySQL, maka kita tidak perlu menghidupkan Xampp Control Panel-nya.


 kondisi Xampp Control Panel tidak jalan.

Selamat mencoba :D



Share:

6 komentar:

  1. Gan , tampilan properties ane beda nih, tidak properties ente, menu "advanced" punya ane ada di bawah gan bukan di menu bar, Gimana solusina buat edit "patch" na?

    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama aja,yang penting masuk di Environment Variabel

      Hapus
  2. Wah, ikutan belajar php di server local ah,, salam kenal mas,, http://sirr.heck.in

    BalasHapus
  3. jika bagian dari patch nya ke hapus harus bagaimana ?? jika buat baru harus diisi apa

    BalasHapus
  4. gan ... ane coba, tapi ko tetep ga bisa ya ?

    BalasHapus

Silahkan jika ada yang perlu ditanyakan :)...

Mengenai Saya

Foto saya
Saya hanyalah penikmat teknologi

Pengunjung