Senin, 05 Maret 2012

Install USB Modem PROLink PCM100 di Ubuntu

Setelah sekian lama, akhirnya saya memutuskan untuk 100% menggunakan opensource. Bismillah, semoga niat saya ini di beri jalan yang lurus oleh Allah. Amin.

Nah, masalah pertama adalah instalasi modem saya. Yaitu PROLink PCM100. Saat itu, saya masih mengandalkan Windows untuk memanfaatkan modem ini. Mengingat saat itu, saya tidak ingin ambil pusing dengan error penginstallannya di Ubuntu. Walau lambat laun sudah saya bisa atasi, tapi baru sekarang saya men-share ilmu ini. Karena saya ingin berbagi kepada mereka yang sama-sama ingin berjihad di jalan Allah. 

Alhamdulillah, modem ini sudah menyediakan instalasi untuk Ubuntu (salah satu Operating System yang bebas pakai). Langsung saja ya. Untuk file instalasinya sudah ada di USB Modem nya. Tapi jika ada yang gagal mendapatkannya, bisa download di sini.

1. Setelah kita dapat file-nya, yaitu CrossPlatformUI-V2.1.0-PROLiNK-i386-ubuntu.deb (asumsi tersimpan di home folder). Silahkan klik 2 kali file tersebut atau buka terminal dan ketik perintah berikut:
$ cd ~
$ udo dpkg -i CrossPlatformUI-V2.1.0-PROLiNK-i386-ubuntu.deb
Kemungkinan besar sih error (sebenarnya itu yang saya tunggu :D), kalau tidak ya syukur. Berarti modem anda sudah terinstall.

2. Jika terjadi error, seperti ini :
make[2]: *** [/usr/local/bin/PROLiNK/prolinkusbserial/below2.6.27/usb-serial.o] Error 1
make[1]: *** [_module_/usr/local/bin/PROLiNK/prolinkusbserial/below2.6.27] Error 2
make[1]: Leaving directory `/usr/src/linux-headers-3.0.0-12-generic'
make: *** [modules] Error 2
dpkg: error processing crossplatformui (--install):
 subprocess installed post-installation script returned error exit status 2
Processing triggers for desktop-file-utils ...
Processing triggers for gnome-menus ...
Processing triggers for bamfdaemon ...
Rebuilding /usr/share/applications/bamf.index...
Errors were encountered while processing:
 crossplatformui
Selamat :D, maka anda bisa mengikuti tutorial ini.

3. Silahkan masuk ke file status-nya dpkg lewat terminal, tapi sebelum itu, backup dulu filenya :
$ sudo cd /var/lib/dpkg/
$ sudo cp status status.backup
$ sudo gedit /var/lib/dpkg/status
4. Cari string "crossplatformui" di dalam file status dengan memanfaatkan CTRL+F
Package: crossplatformui
Status: install ok half-configured
Priority: extra
Section: non-free/net
5. Setelah ketemu, hapus satu bait/paragraf/bagian, khusus yang pada package crossplatformui-nya.
6. Terakhir disimpan. Selesai

Untuk menjalankan tool, silahkan buka Application-Internet-Cross Platfrom UI. Jika suatu saat tidak berhasil (atau kesalahan permission-nya), silahkan ketik di terminal :
$ cd /usr/local/bin/PROLiNK/bin/
$ ./App
Jika ingin mudah, buat aja shortcutnya di home folder dengan cara :
$ cd ~
$ ln -s /usr/local/bin/PROLiNK/bin/App App
Jadi saat ingin dijalankan, kita tinggal mengetik ini di terminal:
$ ./App
Share:

9 komentar:

  1. interface pcm 100 sudah bisa, tp konektifitas yang dipojok kanan atas itu kok tdk terhubung ya? dan msih ada autentikasi crosspaltform error?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya itu tadi, makanya harus dihapus error nya crossplatformui yang di /var/lib/dpkg/status

      Hapus
  2. salam kenal..
    thanx tutorial y sangat bermanfaat.

    da permasalahan yang timbul di applikasi prolink saya. setelah semua step2 di ikuti truz buta shortcut y.. waktu dijalankan semua lancar persis kayak di win*os, tapi .. waktu di konekan gagal terus.. di command promt ada baris tulisan NotUserRoot. padahal waktu mau jalankan y sudah pake sudo -s.. jadi gimana pak solusinya.. sory nubi....

    BalasHapus
    Balasan
    1. setau saya, kata "NotUserRoot" berarti bukan sebagai root user. Mungkin bisa dicek dulu, apakah pada saat mengetik "ls -al" di folder "/usr/local/bin/PROLiNK/" semua isiya milik user root atau user biasa?

      Hapus
  3. dah ngikutin caranya gan..
    awalnya seh konek, tp beberapa saat diskonek neh bro..mohon penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya,emang agak susah klw pake crossplatformui....klw mau,pakai wvdial juga bisa,tapi tidak bisa menerima SMS...

      Hapus
  4. PROLINK PCM100 saya tak bisa menerima sms ni gan,,,pdahal pesannya dh saya hapus semua,,helpp

    BalasHapus
  5. SIP bro Mw nyoba nie,, smoga ajha bisa...

    BalasHapus

Silahkan jika ada yang perlu ditanyakan :)...

Mengenai Saya

Foto saya
Saya hanyalah penikmat teknologi

Pengunjung