Rabu, 07 Maret 2012

Tidak Bisa Masuk Desktop Session Ubuntu Karena Terhapusnya Home Folder User Yang Terlogin Otomatis

Ini masalah yang saya temui di kampus. Pada saat itu, saya ingin memperbaiki sebuah komputer di laborat. Komputer ini di-setting agar memiliki 2 user, yaitu user admin (momod) dan user biasa (student). Untuk user biasa, dia tidak bisa  mengakses sebagai super user atau layaknya masuk ke root. 

Pada suatu waktu, karena untuk kebutuhan sebuah event, maka user biasa ini di-setting agar bisa memiliki hak akses sebagai super user. Nah, permasalahan pun muncul. Karena bisa masuk ke root, maka dimungkinkan ada praktikan yang iseng dengan menghapus folder student di /home (untung bukan momod, apalagi folder /home -nya sendiri). Celakanya lagi, setting-an login screen dibuat otomatis masuk ke student. Jadi, setiap saya menghidupkan komputer dan kemudian masuk ke sessionnya, saya jadi tidak bisa masuk ke desktop. Karena tidak adanya folder .gonf , .gnome, dan file-file startup lainnya (berada di folder /home/student yang terhapus). Dan lagi, karena terlogin otomatis, saya jadi tidak bisa masuk ke momod.

Nah, lalu hal yang saya lakukan adalah :
1. Saat pesan error terakhir, yang artinya Ubuntu masih dalam kondisi menjalankan plymouth, tekan CTRL+ALT+F2 (masuk ke terminal mode).

2. Selanjutnya login dengan memasukkan user momod dan masukkan passwordnya.
labkom login : momod
password : ********
3. Setelah masuk ke momod, sebenarnya kemudian saya mencoba men-delete user student, dengan perintah:
$ sudo userdel student
tapi ada pesan error, yaitu user student masih ter-login. Maka saya mencoba me-logout-nya dulu lewat terminal,  caranya tinggal mengetik :
$ sudo killall -u student
Dan ternyata cara ini justru malah membuat Ubuntu langsung masuk ke Login Screen, sehingga saya bisa masuk sebagai momod dalam tampilan GUI. 4. Setelah saya sudah masuk ke user momod dalam GUI, dan student telah ter-logout, maka saya kemudian membuat ulang user student di System-Administrasi-Users and Group. Tinggal pilih user-nya, tekan delete, pilih Delete All files, terus tekan Add, beri nama user baru (student), kasihkan password, selesai. Oke, gampang :D. Biar postingan ini agak panjangan, jadi saya tambahkan tutorial untuk men-delete dan meng-add user secara default lewat terminal mode saja. Silahkan tekan CTRL+ALT+F2 kembali dan login sebagai momod (super user)

Mendelete user
Ada 2 cara :
-Bisa menggunakan perintah ini :
$ sudo deluser student -remove-home
-Atau ini
$ sudo userdel student -r

Menambah user
Ada 2 cara :
-Bisa menggunakan perintah ini :
$ sudo useradd -d /home/student -m student -r
$ sudo passwd student
-Atau ini
$ sudo adduser student
Untuk postingan lebih lanjut, mungkin saya akan membahas tentang manajemen user ini. Selamat mencoba :D. 
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan jika ada yang perlu ditanyakan :)...

Mengenai Saya

Foto saya
Saya hanyalah penikmat teknologi

Pengunjung