Kamis, 08 Maret 2012

Install Driver Printer Canon IP1700 di Ubuntu



Printer yang agak menyusahkan menurut saya. Di samping tipe printer yang termasuk lama, ketersediaan driver untuk Ubuntu-pun tidak ada. Setelah browsing sana sini, pertama saya alternative-kan ke Driver Printer IP2200. Instalasi berjalan lancar. Tapi saat test printing, khususnya untuk kertas F4 landscape, terjadi kendala. Hasil print yang biasanya saya oprek printer adalah diperbesar, ini justru diperkecil. Jadi walaupun saya sudah mengikuti tutorial saya sendiri di sini, tidak berhasil sama sekali. Bahkan telah menerapkan ke-2 cara pada tutorial tersebut.

Kemudian saya pakai alternative lain, yaitu ke Driver Printer IP1800. Instalasi berjalan lancar. Tapi sama halnya dengan Canon IP2200, hasilnya pun diperkecil. 

Langkah terakhir, saya terpaksa oprek sendiri khusus file PPD-nya. Alhamdulillah berhasil. Tapi maaf, di postingan ini saya tidak akan membahas cara edit PPD-nya, tapi saya akan bagi-bagi cara sampai berhasil menge-print F4 landscape-nya.

1. Seperti biasa, kita akan pakai hasil jerih payah Michael Gruz lewat PPA.
Cara 1 - Masukkan perintah lewat terminal
$ sudo add-apt-repository ppa:michael-gruz/canon
$ sudo apt-get update
Jika berhasil, lewati cara 2, lanjut langkah nomer 2.
Cara 2 - Tambahkan PPA ke sources.list
-Buka file sources.list
$ sudo gedit /etc/apt/sources.list

-Tambahkan list berikut di baris paling bawah di sources.list, kemudian simpan.
deb http://ppa.launchpad.net/michael-gruz/canon/ubuntu lucid main 
deb-src http://ppa.launchpad.net/michael-gruz/canon/ubuntu lucid main
-Buat sebuah file dengan nama key.txt di home folder
$ sudo gedit key.txt
-Silahkan copy paste list di bawah ini, ke dalam key.txt, kemudian simpan.
-----BEGIN PGP PUBLIC KEY BLOCK-----
Version: SKS 1.0.10

mI0ESts7/gEEANibdYJ2PbODEdQ6kH3TbtxIlhGki09GgbtFrzT5JpFLKzrtO6erj6XbLWQJ
Q4YUm/CLIVaGtBN7MGDFe3JtpRyTYNgg4Z2IyE3NRnOsPgGg/GXFGh7DU1hx66B6BfRbf1MW
EQqYOIvMnXROfmVy8X2v1AzN4bQFrI3aKv0DgjtVABEBAAG0EkxhdW5jaHBhZCBNaXNha292
aYi2BBMBAgAgBQJK2zv+AhsDBgsJCAcDAgQVAggDBBYCAwECHgECF4AACgkQAzluHD97Sh1i
6wQAmTvTvphifem5onwaVqUQXRKLMnSH9EH0OrwyRdfa8MHp3lQepjZGl2NYUmSj6x3ZNqsj
3U0JUSBBPSe3phtc7HIvTKC+gWHxWO0BwwVtdhTakGjYV87fgyJtsrB7nKN4OtF/wgLZl4gb
P9bxn62RVeDL1KiZJop/unhzoUsd1Dw=
=k2af
-----END PGP PUBLIC KEY BLOCK-----
-Buka System-Preferences-Software Sources dan masuk ke tab Authentication, kemudian pilih Import Key File..
-Cari key.txt yang disimpan di home folder, kemudian tekan OK
-Kemudian update repository
$ sudo apt-get update
-Lanjut langkah nomer 2
2. Oke, setelah kita berhasil menambahkan PPA-nya, langsung dah install Driver-nya (pakai driver Canon IP1800)
$ sudo apt-get install cnijfilter-ip1800series

3. Setelah berhasil install driver, buka System-Administrasi-Printing. Pilih Add sambil menghidupkan printer. Setelah printer terkonek, pilih Forward.

4. Tunggu sampai pencarian database driver selesai. Pada langkah ini, jangan memilih merk printer, tapi langsung pilih Provide PPD File, kemudian ambil file PPD-nya. Sebenarnya telah ada PPD defaultnya di /usr/share/cups/model/canonip1800.ppd, tapi seperti yang saya bilang di awal, hasil print F4 landscape-nya akan diperkecil, maka dari itu, di tutorial ini saya menyediakan PPD hasil oprekan saya.

Silahkan download PPD-nya dulu di sini.

5. Kemudian restart cupsnya :
$ sudo /etc/init.d/cups restart
*Jika LibreOffice dijalankan saat restart cups, maka disarankan untuk meng-close-nya dulu setelah restart cups-nya. 6. Selesai :D. Silahkan test di LibreOffice dengan menge-print kertas F4 Landscape (di LibreOffice F4 terbaca Longbond).
Referensi :
http://kangandi.web.id/discussion/79/menginstall-driver-printer-canon-ip1700-dan-driver-canon-lainnya
https://launchpad.net/~michael-gruz/+archive/canon
Share:

2 komentar:

  1. mas tutorial nya bagus.., tapi sayang link download PPD nya sudah tidak valid, mohon di update lagi mas.., thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih infonya :D saya malah baru sadar,hehe...untuk file ppd-nya,sayang disaya sudah tidak ada,tapi sebenarnya bisa pake ppd yang canon 1800. untuk memodifikasi ppd agar bisa mengeprint F4,bisa mengikuti tutorial saya di http://timordotx.blogspot.com/2012/02/edit-ppd-untuk-setting-kertas-f4.html

      Hapus

Silahkan jika ada yang perlu ditanyakan :)...

Mengenai Saya

Foto saya
Saya hanyalah penikmat teknologi

Pengunjung