Jumat, 09 Maret 2012

Install Driver Printer Epson Stylus T11 di Ubuntu


Sebenarnya tidak terlalu sulit menginstall driver ini. Tapi karena tidak ada di database, salah satu cara nya kita menggunakan alternative driver-nya. Jadi, yang saya gunakan di sini, ada 2 alternative, yaitu pertama saya coba dengan driver Epson Stylus T20. Penginstalan berjalan lancar, tapi sayang, pada saat saya edit file PPD-nya dengan mengikuti tutorial ini, hasil print tidak sesuai dengan yang dimaksud (hasil tetap diperbesar dan dipotong).

Hmmm, okelah, lanjut browsing lagi, dan akhirnya saya menemukan alternative lain, yaitu memakai driver Epson Stylus C64. Dengan driver ini, alhamdulillah, printer langsung dapat menge-print semua setting kertas, termasuk F4, walau printer mengenal ukuran kertas ini dengan nama "American Foolscap".

Lalu, cara installnya bagaimana ?
1. Langsung saja buka System-Administration-Printing

2. Pilih Add, sambil kita menghidupkan printer Epson Stylus T11-nya.

3. Sampai printer dikenali Ubuntu, pilih EPSON Stylus T11 USB#1, kemudian tekan Forward, biarkan Ubuntu kali ini menyiapkan database printernya.

4. Setelah muncul, pada daftar merk driver, pilih Epson.

5. Kemudian ditampilan berikutnya,untuk  Models pilih Stylus C64 dan Drivers Pilih Epson Stylus C64+Gutenprint v5.0.1 Simplified (recommended)

6. Terakhir, tekan Apply.

Jika penginstalan berhasil, kita tidak perlu setting PPD, tinggal langsung gunakan printer seperti biasa :D. Selamat mencoba.

NB :
-Maaf, tidak ada gambar proses, saya lupa screenshot pada saat mengoprek-nya.
-Di Libreoffice, F4 dikenal dengan Longbond, dan di PPD driver ini yang dikenal adalah American Foolscap.
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan jika ada yang perlu ditanyakan :)...

Mengenai Saya

Foto saya
Saya hanyalah penikmat teknologi

Pengunjung